Kamis, 21 Mei 2015

Bagaimana Cara Memberikan Remunerasi PNS ASN ?

asndemak.blogspot.com - Bila pekerjaan Anda adalah sebagai seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bekerja  di Pemerintah Daerah Kabupaten atau Kota di seluruh Indonesia, tentunya sudah tidak asing lagi yang namanya uang tunjangan REMUNERASI. 

Apa konsep uang tunjangan remunerasi itu ? apakah uang tunjangan remunerasi itu penting sekali bagi para PNS di Indonesia? Siapa yang mendapatkan uang tunjangan remunerasi itu ? Sejak kapan uang tunjangan remunerasi itu mulai ada di Indonesia ? Mengapa harus ada uang tunjangan remunerasi bagi para PNS ASN di Indonesia? bagaimana cara Pemerintah Indonesia membayarkan uang tunjangan remunerasi kepada seluruh PNS ASN di Indonesia ? 

Remunerasi adalah total kompensasi yang diterima oleh pegawai sebagai imbalan dari jasa yang telah dikerjakannya. Biasanya bentuk remunerasi diasosiasikan dengan penghargaan dalam bentuk uang (monetary rewards), atau dapat diartikan juga sebagai  upah atau gaji.

Adapun permasalahan yang masih di hadapi oleh Pemerintah Daerah dan Kabupaten sampai dengan saat sekarang ini adalah belum bisa membayarkan uang tunjangan remunerasi kepada para Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) seperti yang berlaku di Kementrian Republik Indonesia. 

Hanya saja uang kinerja atau tunjangan perbaikan penghasilan (TPP) PNS ASN Pemda yang sudah diterimakan pada saat ini, se akan-akan adalah sebagai pengganti dari uang tunjangan remunerasi, meskipun besaran uang tunjangan relative tidak sama antara daerah satu dengan lainnya, karena tergantung dari kemampuan keuangan daerah.

Sebetulnya uang tunjangan remunerasi, seperti yang telah berjalan di Kementrian Republik Indonesia itu bisa diwujudkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten atau kota, asalkan ada niat yang serius serta adanya kesepakatan antara Birokrat dan legislative, serta adanya dukungan dana dari Pemerintah Pusat.

Jika sampai sekarang ini masih belum bisa diwujudkan, lalu masih berapa lama lagi waktu yang dibutuhkan untuk mewujudkannya ? 5 tahun kedepan, atau 10 tahun ke depan, atau memang uang tunjangan remunerasi itu hanya sekedar istilah nama lain dari Uang tunjangan kinerja atau uang TPP yang di pakai oleh para PNS yang bekerja di Kementrian. 

Mengapa uang tunjangan remunerasi PNS ASN itu sangat penting sekali ? tentu saja, karena Birokrasi di Indonesia bisa di tingkatkan menjadi berkelas dunia, apabila tingkat kesejahteraan PNS ASN telah memadai seperti pegawai pemerintah di negara-negara maju.

Berdasarkan tayangan dari beberapa media cetak dan elektronika, bahwa  pekerjaan pelayanan yang di lakukan oleh para PNS ASN  masih dinilai negative oleh sebagian besar masyarakat, yang disebabkan masih minimnya tingkat kesejahteraan PNS ASN.

Oleh karenanya Pemerintah Indonesia, harus segera bertindak cepat untuk melakukan perbaikan terhadap tingkat kesejahteraan para PNS, melalui program pemberian uang tunjangan remunerasi. 

Sesuai UndangUndang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, Pasal 79 ayat  (5)  menyebutkan bahwa Gaji PNS yang bekerja pada Pemerintahan Daerah dibebankan pada anggaran pendapatan dan belanja daerah.

Kemudian pada  pasal 80 ayat (6) berbunyi bahwa Tunjangan PNS yang bekerja pada pemerintahan daerah dibebankan pada anggaran pendapatan dan belanja daerah. Ketentuan dalam UU ASN tersebut menegaskan bahwa tunjangan kinerja, tunjangan kemahalan dan fasilitas bagi ASN di daerah dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (SPBD).

Kedua pasal tersebut di atas mengandung arti bahwa tidak ada konsekuensi logis bagi Pemerintah Pusat untuk menganggarkan pembayaran REMUNERASI atau TUNJANGAN KINERJA bagi para PNS ASN Pemda dan Pemkot. 

Meskipun demikian dalam kenyataannya untuk pembayaran gaji dan tunjangan PNS Pemda diambilkan dari Dana Alokasi Umum (DAU) yang  berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Lalu bagamana bila  nanti alokasi DAU tidak lagi dikaitkan dengan gaji PNS ? tentu saja Pemda harus melakukan effisiensi anggaran, agar gaji dan tunjangan PNS masih bisa di bayarkan.

Bagi Pemerintah Daerah Kabupaten dan Kota di seluruh Indonesia, apabila memiliki  sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang besar, maka pemberian tunjangan kinerja kepada PNS tentu bukan suatu keputusan yang sulit, namun sebaliknya bagi daerah-daerah yang  PAD nya minim, tentu saja hanya mampu memberikan tunjangan kinerja yang kecil. 

Cara yang paling logis adalah melakukan optimalisasi PAD dan effisiensi pengeluaran APBD,  atau bagi daerah-daerah yang memiliki PAD terlalu minim, sebaiknya di gabung jadi satu, sehingga ada potensi untuk mengalokasikan anggaran pembayaran gaji dan tunjangan kinerja atau tunjangan remunerasi PNS.

Untuk menghindari disparitas atau kesenjangan tunjangan kinerja PNS yang semakin melebar antar PNS daerah, kemudian PNS daerah dengan Kementrian, dan  demi terciptanya asas keadilan, rasa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, sebaiknya pemerintah pusat menetapkan batasan (cluster) maksimal tunjangan kinerja PNS di seluruh Indonesia.

Walau bagaimana pun bahwa semua program pemerintah pusat, tidak akan bisa berhasil sukses dan lancar, tanpa adanya dukungan dari PNS  Daerah, contoh keberhasilan program Pajak Bumi dan Bangunan, Kesehatan, Sosial, dan lain-lain.

Demikianlah informasi yang bisa saya sampaikan dan semoga bisa memberikan manfaat bagi para pembaca yang budiman.  

Salam action, 

BRAM IRIANTO 

iriantobram234@gmail.com 
http://www.asndemak.blogspot.com 


Tips pekerjaan sambilan yang menghasilkan Uang : 

1.     Cobalah membuat blog atau web bisnis, agar bisa bergabung dengan Google Adsense, karena bila Anda bisa diterima maka pekerjaan anda akan mendapatkan imbalan $100 pertama, dan berikutnya bisa lebih besar lagi, bahkan Anda bisa menjadi seorang
jutawan yang kaya raya. 

2.     Membuat blog atau web bisnis, bisa dijadikan sebagai pekerjaan sambilan yang dapat menghasilkan tambahan uang yang berlimpah, serta bisa di kerjakan di rumah, atau di tempat lain, tanpa harus mengganggu pekerjaan kantor. 

3.     Masih banyak cara lain yang bisa dijadikan pekerjaan sampingan atau sambilan yang bisa mendatangkan uang dalam jumlah besar, seperti : membuat artikel secara free lance di media on line di media internet, mendirikan toko sembako, menjual hewan peliharaan sambil menyalurkan hobi melalui media on line di internet, menjadi juru penterjemah bahasa asing, dan sebagainya. 


Artikel terkait :







Tidak ada komentar:

Posting Komentar